Rabu, 18 Maret 2015

[TipsTop] Tips Mengatur Gaji Bulanan

 Bulan lalu gaji saya naik, tapi kenapa sudah habis? Apakah And sering merasa seperti itu. Jika ya, mungkin setiap tanggal gajian tiba, Anda langsung membeli barang-barang yang Anda inginkan, bukan Anda butuhkan, makan-makan di restoran mewah dan travelling. Belum lagi banyak tagihan-tagihan yang harus dibayar tepat waktu. Akibatnya pertengahan bulan, uang di dompet sudah semakin tipis. Lalu bagaimana caranya agar tidak lebih besar pasak daripada tiang?



Berikut tips cerdas untuk mengatur gaji bulanan Anda :
1. Membuat anggaran belanja
Tiap bulan Anda wajib merencanakan anggaran belanja ketika menerima gaji. Anda akan lebih baik jika Anda meninjau kembali pengeluaran selama tida bulan terakhir. Dengan cara ini kita dapat mengetahui uang Anda digunakan untuk apa saja. Catat pengeluaran rutin setiap bulan termasuk untuk hobi, seperti makan diluar, fashion atau hobi lainnya. Saat mengatuhi tipe pembelanja Anda seperti apa, Anda akan mudah melakukan penghematan.
2. Miliki dua rekening bank.
Anda wajib memiliki dua rekening bank yang berbeda. Rekening pertama digunakan untuk semua transaksi, seperti bayar tagihan, membayar asuransi, cicilan rumah, dll. Sementara yang kedua digunakan untuk menabung.
3. Lunasi utang dan cicilan
Segera lunasi segala tagihan yang menunmpuk setelah menerima gaji. Hal ini membantu perhitungan anggaran untuk jangka panjang. Apabila utang tersebut tidak dapat dilunasi dalam waktu singkat, lakukan analisis dan hitung berapa kali pembayaran yang harus disetorkan hingga utang tersebut lunas. Jika ingin mencicil sesuatu, sebaiknya disesuaikan dengan 30 persen pendapatan Anda. Dari perhitungan tadi, berpikir ulanglah sebelum membeli barang dengan berutang.
4. Simpan Bonus yang didapat
Kebanyakan orang jika gaji naik atau mendapat bonus dari kantor pasti langsung digunakan untuk bersenang-senang. Ada baiknya uang seperti itu Anda tabung. tetap gunakan alokasi dana yang sebelumnya sudah direncanakan., siapa tahu suatu saat dana itu bisa Anda gunakan untuk kebutuhan yang lebih penting.
5. Bandingkan pengeluaran Anda dengan bujet bulanan
Di akhir bulan, analisis pengeluaran Anda dengan bujet bulanan. Hal ini dapat membantu Anda untuk mengetahui apakah pengeluaran Anda sesuai atau lebih dari bujet bulanan Anda. Jika anggaran bulanan berbedadari kenyataan, maka Anda perlu melakukan revisi.
6. Cari penghasilan sampingan
Tidak dapat dipungkiri, semakin hari harga barang-barang dan makanan di pasaran terus naik. Maka dari itu, ada baiknya jika Anda mencari penghasilan sampingan, sepertin berjualan online misalnya. Jadi Anda akan bekerja dari Senin sampai Jumat, kemudian Sabtu dan Minggu Anda bisa berbisnis.
7. Gunakan kartu kredit dengan bijaksana
Jika ANda gunakan kartu kredit dengan cerdas, barang serbaguna ini bisa membantu Anda mengatur keuangan bulanan Anda. Misalnya, Anda bisa mengalokasikan kartu kredit Anda untuk membayar semua tagihan-tagihan Anda. Selain itu, ketika Anda menerima tagihan kartu kredit, segera lunasi. Dengan demikian, Anda tidak berhutang ke bank dan juga tidak terkena bunga kartu kredit yang relatif tinggi.


Sumber : Kontak Edisi Februari 2015 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar