Kamis, 02 April 2015

[Info Sehat]Manfaat Menakjubkan Zumba

Zumba adalah olahraga yang menggabungkan tarian salsa, gerakan fittness dan tarian Latin lainnya yang dirancang sedemikian rupa hingga orang dengan tingkat kebugaran apapun atau kemampuan menari yang berbeda bisa menikmati olahraga ini.



Meski terkesan menyenangkan, Zumba memberikan kemampuan membakar kalori jauh lebih banyak secara cepat sekaligus membentuk otot tubuh. Kebanyakan orang bisa membakar 400-600 kalori/jam. Selain itu, Zumba juga menguatkan kerja jantung. Apalagi manfaat lain dari olahraga ini?
1. Memperlancar Aliran Darah
Selain bermanfaat menurunkan berat badan, Zumba juga memperlancar peredaran darah di dalam tubuh. Dengan melakukan Zumba, aliran darah dari dan menuju jantung akan semakin lancar sehingga resiko penyakit uang disebabkan kurang lancarnya aliran darah dapat diminimalisasi.
2. Memperbaiki Saluran Pernapasan
Latihan ZUmba secara teratur dalam jangka waktu yang panjang membantu memperbaiki fungsi saluran pernapasan. Gerakan tarian yang digabungkan dengan gerakan senam dapat membantu pengaturan ritme napa sehingga fungsi saluran pernapasan lambat laun akan semakin membaik.
3. Mengatasi Insomnia
Jika Anda termasuk orang yang susah tidur atau insomnia, sangat disarankan untuk mencoba latihan ini. Yang perlu diingat, Zumba tidak membuat Anda merasa pegal seperti setelah melakukan olahraga lainnya, tapi membuat badan Anda menjadi lebih segar dan terasa ringan. Hasilnya, tidur di malam hari menjadi lelap dan ketika bangun terasa segar.
4. Melatih Seluruh Tubuh
Selain kepala, bahu, leher, lengan dan kaki, Zumba juga melatih hampir semua sendi dan otot. Panggul dan perut memperoleh perhatian khusus dalam latihan ini. Fleksibelitas juga dilatih dalam latihan Zumba karena ada pemanasan dan pendinginan sebagai bagian dari latihan.
5. Mengatasi Stres
Zumba adalah terapi gratis untuk mengatasi stres karena gerakan yang aktif akan menurunkan kadar hormon stres. Prinsip dasar Zumba adalah melakukan latihan ini tidak akan membosankan. Anda akan merasa senang dalam melakukannya sehingga mood akan kembali pada level yang lebih baik.

Sumber : Kontak Edisi Januari 2015 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar