Senin, 08 Juni 2015

[TipsTop] Tips Memulai Kerja di Tempat Baru

Semua orang  pasti ingin mendapatkan pekerjaan di perusahaan yang ia inginkan, yaitu perusahaan terbaik menurut penilainnya. Anda adalah orang yang paling beruntung diantara para pelamar saat Anda tes masuk kerja. Keberuntungan Anda bukanlah benar-benar suatu keberuntungan, karena Anda telah berusaha untuk mengikuti tes-tes tersebut dengan maksimal. Saat ini adalah tantangan sebenarnya yang harus Anda hadapi, yaitu menjalani hari-hari di tempat Anda bekerja. Tetapi tidak semua orang mampu melewati masa training di tempat kerja dengan baik. Berikut beberapa tips memulai kerja di tempat baru :

1. Sikap yang Baik dan Sopan

Sikap adalah hal utama dalam menjalani kehidupan dengan siapapun. Baik itu dirumah, lingkungan bermasyarakat, maupun di tempat Anda bekerja. Kesan pertama begitu mengoda, selebihnya terserah Anda. Begitulah kata dari sebuah iklan di televisi pada era 90-2000an. Maksudnya adalah Anda harus menunjukkan sikap baik kepada orang yang baru Anda kenal di lingkungan kerja yang baru. Hal itu akan membuat orang terkagum-kagum dan akan mudah mengingat Anda. Dengan begitu, Anda telah memiliki nilai positif bagi orang yang baru Anda kenal.

Sikap yang baik dan sopan seperti memberi salam, senyuman dan sapaan kepada orang lain. Mengeluarkan tutur kata yang sopan dalam berbicara. Ada sebuah ungkapan dari daerah Minangkabau yaitu mangango dulu baru ka mangecek. Artinya, Anda harus memikirkan setiap perkataan yang akan keluar dari mulut Anda, jangan sampai orang lain tersinggung dengak kata-kata tersebut.

2. Disiplin

Besok adalah hari pertama Anda masuk kerja setelah mengikuti beberapa tahapan untuk memasukinya. Baiknya Anda mempersiapkan diri untuk hari esok agar tidak terlambat datang ke tempat kerja. Disiplin adalah suatu nilai yang besar bagi seorang pimpinan, karena dengan disiplin ia mampu mempercayai Anda, berarti Anda sangat memanfaatkan waktu, karena waktu adalah sangat berharga. Disiplinkan diri dengan tidur lebih awal di malam hari agar terbangun dalam keadaan lebih fresh di pagi hari. Mulailah dengan sarapan pagi. Dengan disiplin berarti Anda lebih cepat dari teman-teman Anda yang lain. Itulah poin penting dari diri Anda.

3. Berpakaian yang Rapi dan Bersih

 Setiap orang menyukai siapa saja yang berpenampilan rapi dan bersih, maka saatnya untuk menunjukkan diri Anda yang rapi dan bersih itu. Tidak hanya itu, pakailah pakaian yang senada dengan diri Anda, gunakan wewangian secukupnya, dan jangan lupa untuk memoles sepatu sebelum berangkat kerja agar terlihat lebih baru dan mengkilap, karena semua itu akan menjelaskan kepribadian Anda. Tidak cukup pada penampilan semata, tempat dimana Anda ditempatkan juga harus Anda jaga agar tetap bersih, agar semua orang nyaman saat berada di tempat Anda. Dengan hal ini, Anda akan memiliki banyak teman di tempat yang baru.

4. Fokus

Atasan sangat senang dengan keberadaan Anda di tempat kerjanya karena Anda adalah orang yang membantunya dalam melakukan pekerjaan-pekerjaan di perusahaan tersebut. Untuk itu Anda harus melakukan setiap pekerjaan Anda dengan baik. Fokuslah terhadap setiap pekerjaan yang diberikan kepada Anda. Tunjukkan integritas dan loyalitas Anda kepada setiap orang.

5. Kenali Lingkungan Tempat Anda Bekerja

Lingkungan adalah salah satu hal penting yang harus diperhatikan oleh seorang trainer, karena kita bekerja di tempat itu, maka kita harus membuat kenyamanan dan keamanan di tempat kerja. Datangi setiap orang di tempat kerja Anda untuk berkenalan, bukalah dengan pembicaraan yang ringan agar lebih akrab, mudah berkomunikasi dan tidak terkesan menganggu orang di sekitar.

Sekian tips dari saya saat Anda memulai pekerjaan di tempat baru. Semoga Anda diterima dengan baik di tempat kerja Anda yang baru. Ingat, lakukanlah hal-hal positif yang menambah daya nilai diri Anda.

Barangkali, tulisan saya ini masih banyak terdapat kesalahan karena setiap orang tak ada yang sempurna. Namun, saya tetap berusaha untuk memberikan yang terbaik. Mohon untuk meninggal jejak diri Anda saat membaca tulisan ini dengan berkomentar agar dapat menjadi pelajaran bagi saya kedepannya.
Terima kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar